Produk mukena yang ada di pasaran cukup beragam modelnya dan memiliki kelebihan masing-masing. Karena digunakan setiap hari, pemilihan jenis mukena yang tepat akan membuat salat menjadi lebih nyaman. Memilih bahan yang sesuai dan nyaman untuk mukena juga menjadi perhatian banyak wanita muslimah, memilih bahan yang baik dan nyaman perlu di lakukan. Bila kamu berencana untuk membeli mukena baru yang akan dipakai, pilihlah mukena jangan hanya fokus pada modelnya saja. Tapi, kenali juga bahan yang nyaman buat salat.

Namun, tahukah Anda bahwa mukena hanya digunakan oleh wanita muslim di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya? Sebenarnya, mukena merupakan hasil perpaduan budaya Islam dan budaya tradisional Indonesia yang digagas oleh Wali Songo. Dahulu kala, wanita Jawa hanya menggunakan jarit panjang atau kemban yang dililitkan sehingga tidak dapat menutup aurat. Karena saat itu budaya Jawa masih melekat, hasil kompromi untuk menggunakan busana tertutup hanya digunakan saat salat saja. Akhirnya, mukena pun menjadi busana yang wajib digunakan oleh wanita muslim Indonesia saat menjalankan ibadah salat.  Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih mukena terbaik secara lengkap :

  1. Katun Jepang, Bahan katun ini begitu di gemari para pengusaha pakaian, mukenah, gamis, dan lain-lain. Katun jepang ini terbuat dari 90 % hingga 100% katun kualitas istimewa juga membuat katun jepang terasa nyaman digunakan, tidak panas, dan halus, dan tidak berulu.
  1. Katun Silk, Kain ini memiliki kandungan 50% serat cotton dan 50% serat sutra asli yang membuat kain ini sangat licin, adem, ringan dan terasa lembut seperti sutra.
  1. Katun Paris, Kain ini memiliki ketebalan kain yg sangat tipis karena pembuatannya menggunakan benang kecil, yaitu benang katun 60s. kecilnya jenis benang membuat kain ini sangat tipis sangat cocok untuk berbagai produk hijab dan mukena.
  1. Katun Rayon, Katun rayon sangat nyaman dan mudah menyerap keringat saat di pakai. Sesuai dengan namanya jenis katun ini dibuat dengan benang rayon dan kapas. Kain katun ini banyak digunakan di pakain dan mukena.
  1. Bahan Sutra, Kain sutra masuk ke dalam jenis kain berkualitas tinggi yang diperoleh dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Berbeda dengan bahan kain biasanya, kain sutra ini mampu menyerap kelembapan sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat serta basah.
  1. Bahan Spandex, Kain spandek atau spandex merupakan salah satu kain yang memiliki karakter yang sangat elastis, empuk dan lemes. Jika ditarik kain dapat melar seperti karet. Bahan spandek tidak memiliki serat yang terlihat seperti kain katun maupun kain bahan sintetis lain. Sehingga kain spandek tidak akan rusak walaupun tepi kain tidak di jahit.
  1. Katun Lokal, Buat kamu yang nyari mukena dengan harga yang murah tapi kualitasnya baik, katun lokal adalah solusinya. Bahan katun lokal ini mudah menyerap keringat dan jugamodel dan warna juga sangat bervariasi.
Chat Whatsapp Chat Whatsapp