News & Event

TIPS MERAWAT BAJU MUSLIM AGAR TAHAN LAMA DAN TETAP BAGUS

May 19, 2022

Hijab sudah menjadi pilihan gaya berpakaian sebagian besar muslimah di Indonesia. Pengertian hijab pun tidak sebatas kerudung yang menutup rambut. Melainkan pakaian tertutup secara keseluruhan yang disebut dengan baju muslim. Agar pengguna busana muslim tampil sempurna di setiap kesempatan dengan model baju muslim dan hijab apa saja, maka penting untuk memperhatikan beberapa hal. Dimulai dari pemilihan kain atau bahan, memadupadankan warna dan corak, hingga perawatan hijab dan pakaian agar senantiasa wangi, lembut, dan warna tidak kusam atau pudar.

Memiliki banyak stok baju muslim di lemari, tentunya akan memudahkan kita dalam menyesuaikan pemilihan busana di berbagai acara. Namun PR nya adalah, kita harus bisa merawat baju muslim yang tersimpan di lemari tersebut, kalau ingin awet dan tahan lama. Adapun beberapa tips dalam merawat baju muslim supaya awet, bisa kamu ikuti langkahnya sebagai berikut:

1. Untuk baju muslimah berbahan lembut sebaiknya dicuci tangan tanpa menggosoknya terlalu keras, dan jangan mengeringkan kain dengan kasar. Lalu, diangin-anginkan tanpa langsung terkena sinar matahari. Jangan lupa, bagian luar kain harus diletakkan di dalam sebelum diangin-anginkan untuk menjaga warnanya.

2. Baju muslim dan hijab yang cantik, lembut, serta wangi tanpa bau apek dan tidak kusam tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan diri. 

3. Kalo punya mesin cuci dengan pengaturan "hand wash" atau seperti mencuci dengan tangan, maka kedua jenis kain ini bisa dicuci pada pengaturan tersebut. Inti perawatan baju muslimah adalah mengenali bahannya terlebih dahulu, karena masing-masing kain memiliki karakter berbeda. Minimal mengenali dulu apakah bahannya menyerap keringat atau tidak.

4. Pada saat sudah dicuci, tentunya baju muslim harus segera dikeringkan dan dirapikan agar bisa segera dipakai kembali. Namun pada saat momen ini, perlu digaris bawahi bahwa tidak semua jenis baju muslim bisa dikeringkan atau dirapikan dengan metode yang sama. Seperti contohnya saja baju muslim yang terbuat dari bahan sutra, sebaiknya tidak boleh kamu setrika, karena malah akan membuat kerusakan pada kainnya. Beda halnya dengan baju muslim yang terbuat dari bahan kain katun yang wajib disetrika agar tidak kusut.

5. Cara merawat baju muslim yang terakhir adalah, simpan baju muslim kamu di tempat yang memiliki kelembaban yang cukup. Karena dengan menyimpan baju muslim di tempat atau lemari yang lembab, akan membuat lemari anda berjamur dan berpotensi merusak tekstur dari baju muslim yang kamu miliki.